Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Cabe besar

Anekaobatherbalalam.blogspot.com - Cabe besar dengan rasa pedasnya dapat menambah nafsu makan menjadi berlipat-lipat, bahan utama dari pembuatan sambal ini memanglah sudah terkenal sebagai bumbu buat banyak makanan bahkan disetiap memasak cabe tidak pernah ketinggalan terutama buat para pecinta kuliner pedas. Kini setelah melalui berbagai percobaan dan penelitian selain sebagai teman makan yang enak ternyata cabe terutama daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Berawal dari Amerika tanaman ini berasal lalu menyebar ke meksiko sampai keseluruh dunia tidak luput juga mendarat ke indonesia. 

Habitus dari tanaman ini adalah perdu tegak, dengan tinggi bisa mencapai 1-2,5 m, setahun atau menahun. Batangnya yang berkayu, dengan berbuku-buku serta percabangan yang lebar, bentuk penampang bersegi, batang mempunyai warna hijau muda dan berambut halus. Daunnya yang Tunggal, berbentuk bulat telur sampai menyerupai elips, panjang hingga 1,5-12 cm dan lebar hingga 1-5 cm, ujung runcing, pangkalnya pun juga meruncing, tulang daunnya menyirip, dengan tepi rata, warna hijau, bertangkai sepanjang 0,5-2,5 cm, dan terletak tersebar. Bunga termasuk jenis bunga tunggal yang keluar dari ketiak daun, berbentuk bintang berwarna putih. Buahnya yang sangat kita kenal ini termasuk dalam buah buni, bentuknya kerucut memanjang juga bengkok atau lurus, meruncing di ujungnya, tumbuh menggantung, permukaan buahnya licin serta mengkilap, panjang 4-17 cm, diameter 1-2 cm, bertangkai pendek, dan rasanya pedas pastinya. Saat masih muda buah biasa berwarna hijau tua, dengan biji berwarna kuning. Saat tuabaru buah berubah wrana menjadi merah yang cerah dengan biji berwarna coklat. Bijinya pipih dan berdiameter 4 mm. Tanaman ini tergolong dalam memiliki banyak varietas dan kultivar yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk, level rasa pedasnya, juga bisa dari ukurannya, dan warna buahnya. Dan Jika ingin memperbanyak tanaman ini Anda cukup dengan menyemai bijinya.

daun cabe besar, manfaat, khasiat, obat, herbal, alam, tipes, sakit gigi, luka, bisul

Seperti halnya Daun Binahong dan yang telah diulas diatas Pada Daun Cabe besar memiliki beberapa manfaat dan khasiat. Bahkan Getah daunnya yang masih muda bisa untuk memudahkan saat persalinan, juga mengobati luka, bisul, dan sakit Pada gigi.

Berikut adalah beberapa resep pengobatan berbahan daun cabe besar :

1. Meredakan Gejala tipes

Daun Cabe Besar direbus dengan air kurang lebih 2 gelas saja lalu minumlah.

2. Luka dan bisul

Siapkan daun cabai dan minyak sayur, lalu ratakan minyak sayur diatas daun cabe besar kemudian layukan di panggang diatas api kecil. Cara makainya saat masih hangat tinggal ditempelkan ajah ke bagian yang sedang luka .

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Cabe besar"

Posting Komentar