Cara Membuat Jamu Pahitan Sambiloto Dengan Mudah Dan Gampang

Jamu Pahitan sambiloto sesuai dengan namanya rasanya pasti sudah amat jelas lah pahit sekalieee.. Ini disebabkan karena bahan utamanya saja dalam pembuatan jamu ini memanglah tanaman yang mempunyai rasa pahit, ya..  seperti daun sambiloto serta brotowali jadi tidak heran lagi kalo rasanya pahit sepahit empeduuu. Tapi se'pahit-pahitnya jamu sambiloto ini masih kalah pahit dengan masa lalu, hehehehe.... !! akan tetapi tak diduga di balik kepahitan rasanya terkandung lah khasiat dan manfaat yang sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. http://anekaobatherbalalam.blogspot.com

Jamu Pahitan sangat dihindari oleh para anak-anak bahkan karena rasanya yang bisa bikin muntah ini banyak pula orang dewasa baik pria maupun wanita menghindar dari jamu ini. Padahal lo kalo mau menahan rasanya dan berkorban sedikit saat meminumnya amatlah tidak rugi mengkonsumsi secara rutin minuman tradisional yang banyak dijual oleh penjual jamu gendongan ini. Dengan memperhitungkan khasiat dan cara pembuatanya yang alami, jamu ini menjadi alternatif untuk pencegahan serta pengobatan berbagai macam penyakit tanpa harus mendapatkan efek samping yang tidak baik karena terbuat dari tanaman-tanaman / tumbuh-tumbuhan alami tanpa campuran atau oplosan dengan bahan kimia, dan yang pastinya tidak lah sampai merogoh gocek terlalu dalam karena sangat lah murah cuy.

Agar menjadi bahan pertimbangan untuk menarik minat para brother sister sekalian meminum jamu ini berikut adalah khasiat dan manfaat dari jamu Pahitan
jamu, pahitan, sambiloto, brotowali, gendongan, kencing manis,
- Untuk menambah nafsu makan
- Untuk Mengatasi perut kembung
- Untuk Mengobati Kencing manis
- Untuk Menghilangkan bau badan
- Untuk Menurunkan Kadar kolesterol
- Untuk menghilangkan jerawat
- Untuk mencuci darah
- Untuk mengatasi pegal pegal
- Untuk Mengobati sakit kepala / pusing


Bagi yang tertarik serta ingin mencoba untuk membuat dan meramu sendiri jamu yang sangatlah pahit ini berikut adalah Cara Membuat Jamu Pahitan Dengan Mudah dan Gampang :


Bahan :
- 300 gram Daun Sambiloto
- 50 gram Brotowali
- 200 gram Daun Meniran
- 300 gram Serai
- 100 gram Babakan Pule
- 400 gram Temulawak
- 200 gram Lempuyang
- 200 gram Laos
- 3 Buah Temu ireng
- beserta tambahan rempah-rempah dan empon-empon yang lainnya secukupnya

Cara Membuat :
- Pertama-tama kumpulkan semua bahan untuk dicuci di kucek di gosok supaya apa? supaya bersih donk. Lalu iris semua bahan menjadi irisan yang kecil-kecil dan tipis-tipis, masukan semuanya kedalam wadah kuali tanah menjadi satu dengan ditambahkan air secukupnya saja jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak terus direbus semua bahannya yang telah diberi air sampai ramuan menjadi masak/matang/mendidih dan air menyusut sampai tinggal separo alias setengahnya. Angkat pelan-pelan jangan sampai tumpah lalu diamkan sejenak sampai tidak panas lagi / dingin. Pindahkan hasil rebusan jamu yang telah dingin tersebut kedalam botol bening, akan tetapi sbelum dipindahkan dari kuali ke dalam botol, ramuan jamu tlah disaring terlebih dahulu menggunakan saringan / kain lembut. Jamu Pahitan sambiloto siap dihidangkan dan diminum. 

1 Response to "Cara Membuat Jamu Pahitan Sambiloto Dengan Mudah Dan Gampang"