Khasiat Daun Bunga Mentega Untuk Obat Epilepsi

http://anekaobatherbalalam.blogspot.com Bunga Mentega (Nerium oleander Linn) adalah tanaman perdu yang berdiri tegak dan berasal dari negara India. Daunnya tebal dan mempunyai panjang 7-20 cm dan lebar 1-3 cm dengan bentuk garis lanset. Sedangkan tangkainya kurang lebih 1 cm agak bengkok dengan ibu tulang menonjol. Lebih detail lagi, pada bagian atas daun memiliki warna hijau tua beda dengan bagian bawahnya yang lebih cenderung berwarna hijau muda dengan bentuk ujung serta pangkalnya itu meruncing tapi memiliki tepi yang rata, diantara daun yang tumbuh pasti ada beberapa daun yang berbentuk agak melingkar.

Mengulas lebih dalam lagi tentang tanaman ini bunganya berbentuk malai dengan posisi di ujung ranting disebelah mahkota bunga yang berbentuk corong dan bunganya berwarna merah muda alias pink atau terkadang juga berwarna putih. Pada tanaman bunga mentega juga mempunyai buah, buahnya itu mempunyai panjang 15-25 cm, bulat seperti telur yang memanjang. Yang perlu diperhatikan dan diwaspadai getah putihnya itu beracun terutama apabila mengenai pada bagian tubuh manusia yang sedang terluka. akan tetapi yang menjadikan tanaman ini unik adalah bijinya yang berambut. 

khasiat, obat, epilepsi, herbal, tanaman, daun, bunga, mentega

Bagi daerah yang belum memiliki tanaman ini dan ingin mengembangbiakan bunga mentega untuk keperluan obat ataupun juga untuk hiasan rumah, bisa dilakukan dengan cara stek batang lalu ditaruh pada ketinggian 1-700 m dpl tanpa harus khawatir akan kekurangan air karena tanaman ini tahan terhadap kekeringan dan cuaca panas.

Kandungan Pada Daun bunga mentega :

- oleandrin
- oleandrigenin
- oleandros
- neriantin
- adynerin
- 16-acetylgitoxigenin
- deacetyloleandrin
- rutin
- dambonitol
- saponin
- flavonoid
- polifenol

Manfaat dan khasiat daun pada tanaman bunga mentega adalah :

* Sebagai Obat Epilepsi
ekstrak daun bunga mentega menjadi serbuk kering sebanyak 300 mg untuk dimasukan kedalam kapsul. aturan main dalam mengkonsumsinya adalah 2-3 kali sehari 1 tablet kapsul sekali minum. dengan kurun waktu 2-3 hari. dilanjutkan dengan meminum 1 kapsul sehari sebagai pemeliharaannya.

* Sebagai obat Lemah Jantung
cukup dengan menumbuk 3 lembar daun bunga mentega yang masih segar lalu seduh dengan segelas air panas dan minumlah selagi hangat

* Sebagai Obat Gagal Jantung
Buat 50 gram daun bunga mentega menjadi serbuk kering lalu masukan kedalam kapsul. aturan main dalam mengkonsumsinya adalah 2-3 kali sehari 1 tablet kapsul sekali minum. dengan kurun waktu 2-3 hari. dilanjutkan dengan meminum 1 kapsul sehari sebagai pemeliharaannya.

PERINGATAN!!!
@ Tanaman Bunga Mentega ini beracun, dalam pemakaiannya harus seanjuran dan dalam pengawasan dokter dengan takaran dosis yang boleh berlebihan.
@ Wanita yang sedang hamil/mengandung dilarang keras meminum ramuan ini.

0 Response to "Khasiat Daun Bunga Mentega Untuk Obat Epilepsi"

Posting Komentar