Cara Menyuburkan Rambut Menggunakan Lidah Buaya

http://anekaobatherbalalam.blogspot.com Lidah buaya adalah salah satu tanaman anggota famili liliaceae. Berbatang pendek, batang ini tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Anakan muncul dari batang ini. Lidah buaya dengan tangkai yang panjang juga dapat muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Selain itu juga, tanaman lidah buaya ini juga dapat diperbanyak dengan cara stek batang. 

Daun lidah buaya agak runcing berbentuk pita dengean helaian yang memanjang, panjang 15-35 cm, lebar 3-7 cm, getas, tebal, dengan permukaan yang berbintik-bintik, berwarna hijau keabu-abuan, dan bergerigi/berduri kecil, tidak memiliki tulang daun, banyak mengandung getah atau lendir (gel) dan bersifat sukulen atau mengandung air berlebih. Bunganya kuning kemerahan (jingga) berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun, kecil, dengan panjang yang bisa mencapai 1 meter dengan susunan dalam rangkaian berbentuk tandan. Pegunungan menjadi tempat munculnya bunga yang ditanam, Akarnya merupakan akar yang berserabut yang terbilang pendek, panjangnya kurang lebih berkisaran sekitar 50 cm sampai dengan 100 cm, dan biasanya terletak pada permukaan tanah. Tanah yang dibutuhkan tanaman ini agar dapat tumbuh adalah tanah yang subur dan gembur di bagian atasnya.

khasiat, lidah, buaya, cara, rambut, subur

Daun lidah buaya terdiri dalam tiga bagian, yaitu :
- Kulit daun  Merupakan bagian yang paling luar yang berwarna hijau dari struktur daun.
- Eksudat Merupakan getah yang keluar dari daun lidah buaya pada saat daun dipotong. Eksudat merupakan cairan yang berwarna kuning dengan mempunyai rasa pahit. Bagian ini mempunyai kandungan dengan sejumlah zat antara lainnya adalah Aloins (glikosida) dan Aloe Emoedin (8- dihidroxianthraquinone).
- Gel Adalah bagian yang paling dalam dari daun yang berlendir. Cara agar memperoleh gel adalah dengan langkah menyayat bagian dalam daun setelah mengeluarkan bagian eksudat terlebih dahulu. Di dalam gel terdapat kandungan air, lemak, karbohidrat serta beberapa jenis vitamin.

Lidah buaya rasanya cenderung pahit dan terasa agak dingin. Bersifat anti mikroba, pencahar (laksatif), anti radang, adaptogen, anti piretik, antipruritik, virusida pelembab, dan parasitida. Herba ini masuk ke meridian hati, jantung, dan pankreas. Tanaman ini mengandung 8- dihidroxianthraquinone (aloe amoedin), aloenin, barbaloin, glikosida (aloins), isobarbaloin, aloesin, air, kalori, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, asam folat, kalsium, niasin, sodium, potasium, magnesium, mangan, chrom, tembaga, seng, dan zat besi.

Di antara khasiat lidah buaya adalah sebagai berikut :

- Mengatasi Biang keringan dan gatal-gatal (pruritus)
- Penyubur rambut
- Menghilangkan Ketombe
- Mengatasi kerontokan rambut
- Mencerahkan kulit serta melindungi daari sengatan matahari
- Mengobati Sipilis
- Mengatasi Keputihan dan nyeri haid
- Mengobati Migrain
- Mengobati Wasir berdarah
- Mengobati Rematik
- Mengatasi Gatal pada buah zakar
- Mengobati Radang tenggorokan (faringitis)
- dll

Berikut ini adalah tips dan cara bagaimana mengatasi masalah rambut dengan menggunakan Lidah Buaya :

- Penyubur rambut
Sediakan daun lidah buaya segar secukupnya. Ambil daging daunnya dengan cara dibelah, Kemudian gosokkan lah ke kulit kepala sehabis mandi pada sore hari. Bungkus dengan kain kepala yang sudah digosok. Setelah esok harinya rambut dicuci sampai bersih. dan lakukanlah cara ini secara teratur selama 3 bulan.

- Mengatasi kerontokan rambut
Campur lidah buaya yang telah di ekstrak sebelumnya dengan sampo lalu oleskan pada seluruh rambut.

- Mengatasi Ketombe
Oleskan lidah buaya yang telah di ekstrak sebelumnya pada kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit. 

0 Response to "Cara Menyuburkan Rambut Menggunakan Lidah Buaya"

Posting Komentar