Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan Beserta Cara Meramunya

Daun Pandan atau bahasa latinnya itu adalah pandanus amaryllifolius roxb. Tanaman ini merupakan perdu tahunan dengan tinggi 1-2 meter. Biasanya banyak terdapat dan tumbuh di daerah lembab seperti di pinggir sungai atau rawa-rawa dan tidak jarang juga di tanam di halaman rumah. Bentuk daunnya  tunggal dan panjang serta berwarna hijau dengan ujung runcing. Sedangkan batangnya berbentuk bulat dengan berbekas dudukan daun, bercabang, dan menjalar.

Mungkin tanaman ini sudah tidak asing lagi pastinya ditelinga kita. Karena daun pandan tidak jarang di gunakan dalam kehidupan kita sehari hari. Apalagi saat menjelang bulan suci ramadhan penggunaannya sangat laris manis dipakai untuk campuran hidangan berbuka puasa seperti kolak , campuran gula , menanak nasi , campuran memasak kolang kaling, dan masih banyak lagi. Ini di karenakan daun pandan bisa memberi aroma harum dan memberi warna hijau alami pada makanan.

manfaat, khasiat, obat herbal

Manfaat Daun Pandan juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, menurunkan kolestrol, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah menyakit jantung koroner, sebagai antidioksidan dan besifat antibiotik.
Kandungan Zat Pada Daun Pandanantara lain  seperti asam linoleat ,  fitosterol ,  asam stearat ,  tanin ,  alkaloid ,  saponin ,  polifenol, flavonoid, steroid, terpenoid, dan zat warna .

Adapun manfaat lain dari daun pandan untuk kesehatan tubuh kita ditambah cara meramunya diantaranya adalah berikut ini  :

Lemah Saraf
Bahan :
3 Lembar Daun Pandan
3 Gelas Air Putih
Cara Meramu :
Potong kecil daun pandan lalu rebus dengan air. Tunggu sampai masak dan air tersisa cuma tinggal kurang lebih 2 gelas.
Dosis :
2 kali sehari pagi dan sore hari 1 gelas per sekali minum.

Rematik / pegal linu
Bahan :
3 Lembar Daun Pandan
½ Cangkir Minyak Kelapa
Cara Meramu:
Minyak kelapa dipanas kan sambil di aduk rata. Lalu seduh daun pandan dengan minyak kelapa yang telah di panaskan tadi di aduk lagi sampai rata.
Cara Memakai :
Di gosokkan ke bagian tubuh yang sakit.

Rambut Rontok
Bahan :
1 lembar Daun Pandan
10 Lembar Daun Waru Muda
Segenggam Daun Urang Aring
5 lembar Daun mangkokan
10 Kuntum Bunga Melati
1 Kuntum Bunga Mawar
½ Cangkir Minyak Wijen
½ Cangkir Minyak Kelapa
½ Cangkir Minyak Kemiri
Cara Meramu :
Cuci bersih dan potong-potong bahan daun dan bunga. Lalu masukkan kedalam panci yang telah di beri minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri. Panaskan hingga matang. Setelah matang saring dan dinginkan.
Cara Memakai :
Oleskan ke seluruh kulit kepala sembari di pijat pada saat menjelang tidur. Esok harinya baru keramas. Dilakukan secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan Beserta Cara Meramunya"

Posting Komentar