Cara Meracik Dan Membuat Obat Herbal Dari Bahan Dasar Daun Kumis Kucing

Kumis Kucing atau orang latin menyebutnya Ortosiphon stamineus adalah tanaman yang sering kita jumpai di daerah daerah pertanian. Tanaman ini masih termasuk dalam anggota keluarga  tanaman lamiaceae. Kumis kucing tumbuh dengan posisi tegak lurus dengan bagian bawahnya itu berakar. Batang tanaman kumis kucing beralur dengan memiliki bulu-bulu pendek atau agak setangah gundul tipis. Nah kalo bicara masalah Daunnya ini bermacam-macam bentuknya bisa berbentuk bunder, bisa lonjong, bisa lanset, bahkan bisa berbentuk bulet telur. Permukaan daun pada daun kumis kucing pada bagian atas maupun bawah banyak mengandung kelenjar sehingga terlihatnya itu seperti bintik-bintik. Masalah kandungannya wow jangan di ragukan lagi karena daunnya kaya akan kalium juga mengandung glikosida  orthosiponin yang sangat baik untuk menurunkan asam urat dalam tubuh manusia selain itu juga masi banyak lagi kandungan-kandungan lain yang bila di tulis bisa habis berlembar-lembar halaman , just qiddink bro ..tapi memang benar masih banyak lagi kok kandungannya. 

khasiat, manfaat, obat daun kumis kucing

Disini hanya akan di bahas sedikit tentang kandungan yang terdapat di daun kumis kucing, karena di sini Cuma hanya akan memaparkan manfaat kaidah kegunaan serta khasiatnya untuk kesehatan serta peyembuhan dari penyakit yang banyak juga seprti jumlah zat kandungannya. Tidak Cuma manfaatnya tapi akan di jelaskan pula cara peracikan dari resep resep herbal sesuai kegunaanya. Karena tiap manfaat pada daun kumis kucing memiliki racikan serta komponen yang berbeda-beda sesuai dengan penyakit yang akan di obati.

Inilah kegunaan daun kumis kucing serta racikan resep untuk membuat obat herbal daun kumis kucing :

Kegunaan Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Untuk Batu Ginjal
Resep :
25 gram Daun Kumis Kucing
25 gram Daun Ngokilo
25 gram Daun Keji Beling
25 gram Daun Meniran beserta akarnya
4 gelas air putih
Cara Membuat :
Siapkan resep-resepnya kumpulkan jadi satu untuk di rebus kedalam air. Tunggu beberapa saat sampai mendidih dan benar-benar masak. Lalu tiriskan diamkan sejenak sampai suhu turun menjadi dingin. Kemudian saring hasil rebusan resep tersebut ambil airnya.
Dosis :
Minum resepnya  tersebut sampai habis dalam waktu sehari.

Kegunaan Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Darah Tinggi
Resep :
20 gram Daun Kumis Kucing
30 gram Daging Buah Trengguli
50 gram Akar Alang-Alang
15 gram Daun Meniran
15 gram Daun Pegagan
15 gram Daun Keji Beling
1 liter air putih
Cara membuat :
Rebus semua resep dalam satu wadah dengan dimasukan air sebelumnya. Lalu biarkan sampai mendidih dan airnya menjadi surut sampai tinggal kurang lebih 600cc. Setelah itu angkat dan biarkan sampai menjadi dingin lalu dipisah antara ampas dan airnya. Ambil airnya saja karena hanya airnya yang dipergunakan untuk obat.
Dosis :
Minum sehari tiga kali dalam setiap minum takerannya hanya 200cc per sekali minum.

Kegunaan Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Untuk Penyakit Kencing Nanah
Resep :
30 gram Daun Kumis Kucing
20 gram Bunga Krisan Putih
30 gram Sambiloto
20 gram Daun jinten
20 gram Daun Keji Beling
10 gram Daun Meniran
30 gram Akar Alang-alang
1 liter air putih
Cara Membuat :
Siapkan air 1 liter untuk di rebus lalu masukan semua resep kedalam air rebusan tunggu sampai mendidih dan air tersisa Cuma tinggal 600cc saja. Dinginkan lalu saring . ambil airnya untuk diminum.
Dosis :
3 kali sehari dengan takaran 200cc sekali minum.

0 Response to "Cara Meracik Dan Membuat Obat Herbal Dari Bahan Dasar Daun Kumis Kucing"

Posting Komentar