Manfaat Daun Jambu Air Untuk Obat Herbal Kesehatan


anekaobatherbalalam.blogspot.com Jamu air umumnya berupa perdu setinggi 3-10 meter. Seringkali batangnya membengkok dan bercabang mulai dari pangkal pohon. Daunnya tunggal, berbentuk jantung jorong sampai bulat telur terbalik lonjong 7-25 x 2,5x16 cm, tidak atau sedikit berbau aromatis jika diremas. Daun terletak berhadapan, dengan tangkai sepanjang 0,5-1,5 cm. Karangan bunga berisi 3-7 kuntum, berupa malai di ujung ranting (terminal) atau muncul diketiak daun yang telah gugur (aksial). Warna bunga kuning keputihan, dengan tabung kelopak sepanjang kurang lebih 1 cm, daun mahkotanya mempunyai bentuk yang bundar bahkan sampai seperti segitiga 6-8 mm, benang sari antara 0,75-2 cm dan tangkai putik yang mencapai 17 mm. Buah buni berbentuk gasing, pangkalnya kecil namun ujungnya melebar (sering dengan lekukan sisi yang memisahkan antara bagian pangkal dengan ujung), 1,5-2 x 2,5x3,5 cm, bermahkota kelopak yang berdaging dan melengkung, bagian luar putih sampai merah. Dagung buah putih, banyak mengandung air, hampir tak beraroma, rasanya itu asam bisa juga manis, terkadang malah terasa agak sepat. Ukuran bijinya kecil 1-2(-6) butir.

obat herbal, daun jambu air, khasiat, manfaat, kesehatan

Tanaman jambu air ini ternyata daunnya dapat digunakan untuk pengobatan. Meski tak setenar dengan jambu biji tapi termasuk lumayan sebagai alternatif kesehatan herbal dari bahan alami. Memang tidak banyak manfaat dari daun jambu air, ya setidaknya ada beberapa jenis penyakit yang bisa di obati diantaranya adalah sebagai penurun panas anak dan sebagai relaksasi badan agar menjadi lebih segar dan fresh saat kecapean. Untuk itu agar lebih detail berikut ini adalah beberapa contoh memanfaatkan daun jambu biji air untuk kesehatan :

Obat Herbal Tradisional Daun Jambu Air

Menurunkan panas atau deman pada anak
Cukup dengan meremas beberapa helai daun jambu air lalu dimasukan ke dalam wadah yang telah berisi air hangat. Diamkan beberapa menit lalu gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres di bagian anak yang sedang menderita panas / demam.

Mengatasi keseleo, bengkak, patah tulang, dan masuk angin
Daun jambu air beserta daun juruk purut diremas-remas hingga halus menggunakan tangan, oleskan ramuan tersebut ke daerah yang sedang sakit disertai dengan pemijatan secara perlahan-lahan. Khusus untuk penderita sakit tulang alangkah baiknya dibalutkan dengan kain yang berwarna hitam dengan maksut dan tujuan agar minyak dari ramuan tersebut bisa dengan mudah meresap.

Untuk Relaksasi dan menetralisir bau badan
Mandi menggunakan air yang sudah dicampur dengan remasan daun jambu air.

1 Response to "Manfaat Daun Jambu Air Untuk Obat Herbal Kesehatan"

  1. mau mendapatkan uang lebih setiap hari, dengan cara yang mudah saja
    di donacopoker kamu bisa bermain game dan mendapatkan uang jutaan rupiah
    tunggu apalai gabung sekarang juga
    Agen judi online Donacopoker
    daftar Donacopoker
    donacpoker
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus