Manfaat dan Khasiat dari Daun Kamboja Untuk Obat Bisul

anekaobatherbalalam.blogspot.com Kamboja, Pernahkah melihat bunga dengan warna putih yang sering terlihat di Pemakaman? itulah yang disebut dengan tumbuhan kamboja. siapa sangka kalau tanaman ini juga berkhasiat sebagai tanaman obat. Mungkin hanya angker dan seram yang terbesit dibenak anda setelah mendengar nama kamboja. Padahal dijaman sekarang dengan banyaknya penelitian sudah merubah paradigma tentang jenis tanaman ini, dari tanaman horor menjadi tanaman herbal. Untuk itu sedikit saya akan bagi beberapa informasi tentang manfaat dari daun kamboja, walau infonya hanya sebatas pengetahuan saya yang sedikit ini semoga ajah dapat bermanfaat maksimal untuk anda sekalian.

cara mengobati bisul, daun kamboja, obat herbal, khasiat, manfaat

Tanaman yang merupakan pohon yang kecil, dengan pertumbuhannya setinggi 3-7 m dan mempunyai banyak cabang, bergetah. Batang pokoknya besar, berkayu keras dengan cabang-cabang gemuk berdaging, tumbuh membengkok, cabang muda lunak dan memiliki tanda bekas tangkai daun yang telah lepas. Daun tunggal, bertangkai panjang, duduk berkarang bergerombol di ujung tangkai. Helaian daun mempunyai bentuk lanset, teksturnya kaku seperti kulit, ukuran panjangnya hanya 20-40 cm dan lebar 6-12,5 cm, tepi rata, ujungnya runcing tapi pangkalnya menyempit dengan tulang daun yang menyirip. Bunga dalam malai rata, berbentuk terompet, berkumpul di ujung ranting, sisi dalam berambut, wangi, warna agak kuning, mahkota bunga putih atau merah. Buahnya buah bumbung, saling berjauhan, satu atau dua, dan berbentuk tabung yang memanjang serta gepeng dengan panjang antara 18-20 cm, serta lebar 2 cm, mempunyai dua rongga, berwarna hitam kecoklatan dan berbiji banyak. Dikembangbiakkan dengan stek batang atau biji. Anggota famili Apocynaceae ini berasal dari daratan negara di Amerika tropis, biasanya sih ditanam dengan tujuan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau taman-taman terutama di kuburan/pemakaman umum, atau juga tumbuh liar dan dapat ditemukan dari 1-700 m dpl.

Daun kamboja mengandung fulvoplumierin. Dalam dosis 1,5 mg berkhasiat menghambat perkembangan kuman TBC. Rebusan daun kamboja dapat membantu meringankan serangan asma dan mengobati tumit pecahpecah. Manfaat lainnya adalah untuk menyembuhkan bisul.

Cara Mengobati Bisul dengan menggunakan daun Kamboja :

Pertama-tama siapkan lah daun kamboja lalu Cuci sampai bersih. Kemudian daun tersebut di panaskan sampai lemas, trus olesi dengan minyak kelapa baru dapat ditempelkan pada bisul.

Itulah ulasan sedikit tentang manfaat dan khasiat dari daun tanaman kamboja semoga dapat berguna bagi anda sekalian. Dan pastinya jangan takut lagi dengan bunga kamboja, justru pergunakanlah sebaik-baiknya untuk mengatasi masalah kesehatan dan untuk pengobatan herbal secara tradisional dan alami. 

0 Response to "Manfaat dan Khasiat dari Daun Kamboja Untuk Obat Bisul"

Posting Komentar