Khasiat dan Manfaat Dari Daun Kangkung untuk Kesehatan beserta Cara Meramunya

anekaobatherbalalam.blogspot.com Daun Kangkung, Tanaman yang satu ini seringkali dimasak sebagai tumis. Harganya yang murah tak mengindikasikan bahwa kandungan gizinya rendah. Bahkan siapa sangka kalau kandungan serat dalam kangkung itu sangatlah tinggi. rasa pada Daun kangkung ialah manis juga tawar dan sejuk. Maka dari itu tanaman ini bersifat menyejukkan dan menenangkan, sekaligus akan masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Zat yang terkandung pada daunnya antara lain protein, kalsium, seng, selenium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol serta kaya Vitamin A, B1, C dan omega 3. dan mempunyai Manfaat farmakologisnya yaitu sebagai anti radang, anti racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, dan sedatif. Kandungan lutein dalam kangkung baik untuk kesehatan mata dan menurunkan resiko katarak, sedangkan anti mikroba dan anti ulcerogenic didalamnya dapat menyembuhkan penyakit tukak lambung. Tak hanya itu, daun kangkung juga mampu melawan dan menghancurkan sel kanker serta menghambat penyerapan glukosa sehingga baik untuk penderita diabetes.

manfaat dan khasiat dari daun kangkung

Kangkung terdiri dari 2 jenis, yaitu :
  1. Kangkung darat / kangkung cina (Ipomoea reptans), dengan ciri: daunnya lebih tipis dan lebih lunak, dengan batang lebih kecil berwarna putih kehijauan dan keras, bunganya putih bersih. Lazim diolah dalam masakan karena daunnya lebih cepat layu/matang dan lebih nikmat. Hanya bisa tumbuh di lahan kering. Biasanya dipanen dengan dicabut sampai akarnya.
  2. Kangkung air (Ipomoea aquatica), dengan ciri batangnya lebih besar, berwarna hijau lebih gelap, dan bisa memanjang; daun lebih besar dan sedikit keras, sedangkan bunganya putih kemerahan. Tumbuh alami di sawah, parit, atau rawa. Biasanya dipanen dengan diambil pucuk mudannya saja.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun kangkung :

a. Mengobati urat saraf lemah (neurasthenia)
b. Mengobati mimisan
c. Mengobati sakit kepala
d. Mengurangi haid
e. Mengatasi Insomnia
f. Menghilangkan ketombe
g. Mengobati kulit yang gatal karena eksim
h. Digigit lipan
i. Mengatasi gigitan serangga
j. Mengobati sariawan
k. Mengatasi migran
l. Mengobati bisul
m. Mengatasi stres
n. Radang tulang belakang
o. Mengatasi Keracunan makanan dengan gejalas pusing, mual, mata berkunang-kunang dan berkeringat dingin.

Agar Daun kangkung bisa dimanfaatkan sesuai dengan Khasiatnya, berikut ini adalah beberapa cara meramu daun kangkung agar berfungsi menjadi obat herbal:

Mengobati Urat Saraf Yang lemah (neurasthenia)
Tumbuklah 1/3 genggam daun kangkung, 1/4 genggam batang kangkung, dan 1/4 genggam akar kangkung sampai halus. Masukkan 1/2 cangkir air matang ke dalamnya dan tambahkan juga kurang lebih 1 sdm madu. Lalu saringlah sebelum diminum. Konsumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi Insomnia
Bisa dengan hanya menumis daun kangkung (tanpa batang) lalu dimakan 2 kali sehari atau juga bisa dengan cara merebus 30 gr daun kangkung air, 15 gr asam (daging dan buahnya) trengguli, 1 sdt biji ketumbar, 10 butir biji teratai, 1 sdt jinten, dan gula enau secukupnya dalam 800 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring dan bagi untuk 2 kali minum dalam sehari, tiap minum 200 cc.

Mengatasi Keracunan makanan dengan gejalas pusing, mual, mata berkunang-kunang dan berkeringat dingin.
Ambillah 500 gram daun kangkung sekaligus akar dan batangnya, cuci lalu blenderlah dengan segelas air. Minumlah hasil blenderan tersebut sampai habis.

PERINGATAN!!!
  • Dilarang penggunaannya bagi wanita yang sedang hamil dan yang mempunyai gangguan pada sistem pencernaan ataupun yang sedang terserang diare.
  • Kandungan purin pada kangkung tinggi, sehingga tidak baik bagi penderita asam urat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat dan khasiat daun kangkung. Walaupun singkat Semoga saja info ini dapat berguna untuk para pembaca sekalian.

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Dari Daun Kangkung untuk Kesehatan beserta Cara Meramunya"

Posting Komentar