Pengertian Peluang Usaha dan Bagaimana peluang Bisnis itu

Peluang Usaha adalah suatu kesempatan dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bisnis baik kecil maupun besar untuk mendapatkan penghasilan.

Arti kata lain yang berarti  peluang usaha dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dalam situasi dan kondisi apapun tergantung masyarakat tersebut. Maka dari itu para wirausaha harus pandai – pandai dan jeli atau juga mampu membaca situasi dan kondisi dalam masyarakat karena hal ini yang menjadi gambaran daripada peluang usaha.
Sebagai pedoman agar wirausaha berhasil mengembangkan kemampuan meneliti situasi dan kondisi untuk menangkap peluang usaha adalah sikap percaya diri dan sikap kemandirian . kita harus belajar membiasakan diri bekerja tanpa harus di perintah terlebih dahulu dan juga belajar membiasakan diri mempunyai suatu perencanaan.
Dengan mempelajari kehidupan masyarakat, Wirausahawan harus menciptakan kesempatan berbisnis yang tepat. Maka wirausahawan harus mengetahui sistem informasi internal ataupun eksternal tersebut, saya menjelaskan secara singkat sebagai berikut :
    A. (Strenght) apakah ada kekuatan yg dapat mendukung usaha utk mencapai sasaran?
    B. (Weakness) Apakah kelemahan yang menghambat kemampuan mencapai titik sasaran?
    C. (Opportunity) Di mana ada peluang?
    D. (Threat) Apa saja yang akan mengancam usaha tersebut?
Persyaratan – persyaratan pokok dalam memanfaatkan peluang bisnis atau usaha pada masa depan antara lain ialah berfikir positif, optimisme, mengakui kesalahan, siap bekerja keras dan mau mendengarkan saran orang lain (tidak egois), dan juga harus percaya bahwa hari ini lebih baik dari pada hari kemarin.

Resep DR. D. J Schwartz tentang Cara memanfaatkan peluang bisnis sebagai berikut :
    a. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan
Hapus kata mustahil, yang mungkin, tak bisa, atau tak perlu dicoba dari khasanah pikiran dan khasanah bicara.
    b. Tidak menghadiri atau mengikuti lingkungan yang statisnya bisa melumpuhkan pikiran wirausahawan.
Lihatlah peluang – peluang usaha untuk menjadi besar, tradisi lain yang kurang menunjang peluang – peluang usaha adalah etos kerja yang rendah dan terlalu santai.
    c. Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri. 
“BAGAIMANA SAYA BISA MELAKUKAN USAHA AGAR BERJALAN LEBIH BAIK”.
    d. Bertanya dan Dengarkanlah.
Dengan cara bertanya dan mendengarkan, maka wirausahawan akan mendapatkan bahan baku untuk mengambil keputusan yang tepat. Ingat, Orang besar memonopoli kegiatan mendengar sedangkan orang kecil memonopoli bicara.
    e. Perluas Pikiran Anda
      Bersemangatlah, bergaullah dengan orang – orang yang bisa membuat anda mendapatkan gagasan-gagasan peluang usaha.

Ada pun empat unsur yang harus dimiliki seorang wirausahawan agar mencapai titik kesuksesan dalam pekerjaannya, Paul Charlap mengemukakan sebuah rumusan sebagai berikut :
  1. Work hard (kerja keras)
  2. Work smart (Kerja Cerdas)
  3. Enthusiasm (Kegairahan)
  4. Service (Pelayanan)
Bagi Wiraudahawan, pengenalan diri merupakan modal awal untuk bisa mengenali lingkungan sekitar mengindera peluang usaha, dan mengerahkan sumber daya, guna meraih peluang usaha tersebut dalam batas risiko yang tertanggungkan untuk menikmati nilai tambah. Seorang wirausahawan perlu memiliki pengetahuan yang cukup untuk dapat mengarahkan dirinya sebagai memperoleh peluang bisnis, bisa menyusun konsep usaha, merencanakan masuk pasar, beroperasi dan mengembangkan diri. Prinsipnya sih pengetahuan tersebut bisa didapatkan dari berbagai nara sumber, referensi, ataupun secara empiris dengan mengindera kenyataan. Namun, sangat diperlukan teknik-teknik tertentu supaya bisa berhasil mengumpulkan berbagai informasi secara efisien dan lebih efektif..


Semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Peluang Usaha dan Bagaimana peluang Bisnis itu"

Posting Komentar