Cara Membuat dan Meracik Obat Herbal Daun Bayam

http://anekaobatherbalalam.blogspot.com Bayam adalah tanaman dengan nama latin Amaranthus sp. Yang biasa tumbuh di daerah tropis ataupun subtropis. Tanaman bayam ini bisa tumbuh subur terutama di daerah dataran rendah dengan suhu udara yang agak panas. Bayam mempunyai bentuk batang yang lemah dan berair. Sedangkan daun bayam berbentuk bulat telur dengan pangkal rucing ujungnya tumpul dengan warna hijau, merah, atau hijau yang keputihan. Kandungan pada daun bayam sangat lah banyak dan komplek sehingga pemanfaatan daun bayam tidak lagi hanya untuk membuat sayur lauk pauk tapi juga bisa untuk mengatasi masalah kesehatan.

manfaat, khasiat, obat herbal

Berikut ini adalah ramuan yang terbuat dari bahan dasar daun bayam beserta manfaat dan khasiatnya :

Ramuan Daun Bayam Menyehatkan Kulit Wajah
Cara Meracik :
Siapkan segenggam daun bayam segar untuk di remas-remas sampai keluar sari airnya. Lalu campuri dengan parutan kunyit. Terakhir saring untuk di ambil airnya dan di pakai untuk masker pada wajah. Lakukan hal ini rutin setiap sebelum mandi pada sore hari.

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengobati Asma
Cara Meracik :
Ambil lima potong batang bayam duri muda beserta bunga dan daunnya untuk di rebus dengan lima gelas air selama kurun waktu 7-10 menit. Minum airnya 3 kali sehari dengan dosis 1 gelas sekali minum.

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengobati Eksim Pada Kulit
Cara Meracik :
Rebus bayam duri. Setelah agak hangat masukan kain ke dalam rebusan. Kompreskan kain yang telah di rendam tersebut pada bagian yang terkena eksim selama 20-30 menit. Lakukan kegiatan ini sekali sehari secara berkala.

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengobati Bronkitis
Cara Meracik :
Sediakan daun bayam untuk di ambil sari airnya saja lalu campur dengan madu secukupnya. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap hari.

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengatasi Anemia
Cara Meracik :
Sediakan daun bayam merah sebanyak 3 genggam, air jeruk nipis sebanyak 1 sdm, madu sebanyak 1 sdm, telur ayam kampung sebanyak 1 butir saja. Pertama-tama cuci daun bayam sampai bersih lalu di tumbuk sampai halus. Kemudian campur dengan air jeruk nipis terus di saring. Tambahkan kuning telur ayam kampung dan madu. Aduk sampai rata, baru minum ramuan ini 1 kali sehari selama 1 minggu berturut-turut

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengobati Demam
Cara Meracik :
Tempelkan pada  dahi dan pelipis ramuan hasil dari daun dan batang bayam duri segar yang telah di tumbuk sampai halus dan di campuri air matang hingga kental.

Ramuan Daun Bayam Untuk Mengobati Kanker
Cara Meracik :
Sediakan bayam 40 gram, tomat, buncis 4 buah, taoge 40 gram, kacang panjang, serta brokoli 30 gram. Potong kecil-kecil semua bahan lalu blender dengan air 1/3 gelas sampai jadi jus. Minum jus ramuan tersebut pada pagi hari sebelum sarapan pagi. 

2 Responses to "Cara Membuat dan Meracik Obat Herbal Daun Bayam"