Cara Membuat Jamu Gepyokan atau Jamu Uyup uyup Dengan Mudah

http://anekaobatherbalalam.blogspot.com Jamu Gepyokan / uyup uyup adalah jamu tradisional dari tanah jawa asli indonesia yang biasa dijual oleh penjual jamu gendongan. Jamu ini mungkin sudah sangatlah familiar bagi para kalangan para ibu-ibu muda yang baru melahirkan anak pertamanya yang memerlukan asupan ASI eksklusip minimal selama 6 bln secara rutin lebih baik lagi kalo sampai usia maksimal 2 tahun. Jamu gepyokan ini biasanya berbahan dasar dari bahan - bahan dapur yang biasa juga disebut dengan empon - empon ini sangatlah bermanfaat untuk para ibu menyusui karena khasiat dari jamu ini dikenal untuk meningkatkan produksi ASI ( Air Susu Ibu ). 

jamu gepyokan, uyup uyup, menyusui, tradisional, minuman herbal, cara membuat

Terkadang saat wanita baru melahirkan itu mengalami keadaan dimana ASI yang terdapat pada payudara tidak berjalan lancar atau juga mempunyai produksi ASI yang sedikit, sehingga mengakibatkan kegiatan menyusui pada anak terganggu. Banyak cara alternatif yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. salah satunya adalah dengan cara tradisional dengan mengkonsumsi jamu Gepyokan atau Uyup uyup. Cara Tradisional ini adalah cara membuat minuman herbal yang sudah digunakan secara turun temurun sejak dari jaman dahulu, serta dipercaya sehingga menjadi andalan para nenek untuk mewariskan ke anak cucunya. Selain menyehatkan dan tanpa efek samping jamu gepyokan sangatlah mudah di dapatkan di tukang jamu gendongan serta kalo mau repot sedikit akan lebih mudah lagi membuatnya sendiri dirumah karena cara pembuatannya dan bahannya sangat mudah dipraktekan dan didapat.

Secara umum manfaat Jamu Gepyokan / Uyup - uyup adalah mempunyai khasiat untuk meningkatkan produksi ASI ( Air Susu Ibu ) sehingga ASI menjadi berlimpah dan lancar untuk menyusui serta bermanfaat juga untuk menghilangkan bau badan sang ibu ataupun bau badan anak yang disusuinya. jamu ini juga bisa dipakai untuk mendinginkan perut sang ibu.

Berikut ini adalah sedikit tips Cara Membuat Jamu Gepyokan atau Jamu Uyup uyup Dengan Mudah :

Bahan Untuk Membuat Jamu Gepyokan :

- Kencur Secukupnya
- Jahe Secukupnya
- Bangle Secukupnya
- Laos Secukupnya
- Kunir Secukupnya
- Temulawak Secukupnya
- Puyang Secukupnya
- Temugiring Secukupnya
- Gula secukupnya

Cara Membuat Jamu Gepyokan / Uyup uyup

Semua bahan yang biasa juga disebut empon - empon tersebut dicuci sebelumnya sampai bahan menjadi bersih dan higienis tanpa harus mengupas kulitnya. Gunakanlah pisau dapur yang tajam untuk mengiris - iris semua bahan sampai menjadi tipis-tipis dengan maksut agar memudahkan untuk proses selanjutnya. Terus langkah berikutnya tumbuk semua bahan menjadi satu menggunakan alu atau alat tumbuk, ingat menumbuknya jangan sampai halus cukup  ditumbuk kasar saja. Lalu tambahkan sedikit air matang pada bahan yang telah ditumbuk dilanjutkan dengan memerasnya dengan kain halus. Hasil dari perasan tersebut dimasukkan kedalam air matang secukupnya dengan ditambahkan gula secukupnya sesuai selera. Jadilah minuman herbal tradisional jamu gepyokan yang siap diminum rutin khusus para ibu menyusui untuk mendapatkan hasil yang diharapkan sesuai khasiat dari jamu gepyokan tersebut.

0 Response to "Cara Membuat Jamu Gepyokan atau Jamu Uyup uyup Dengan Mudah"

Posting Komentar