Tanaman Borocco Atau Bayam Ekor Kucing Untuk Obat Disentri

Borocco (Celosia argentea L.)

Borocco, adakah yang mengetahui tanaman ini? Gimana asing ya di telinga kita? Sebenarnya tanaman ini tidak lah asing buat kita karena tanaman ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama bayam kucing, bayam ekor belanda, dan kuntha.Borocco adalah tanaman yang termasuk dalam anggota famili Amaranthaceae. Tanaman ini tumbuh tegak di tepi jalan, selokan, atau tanah lapang yang terlantar terhampar luas cetar menggelegar. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 30-100 cm lho .. untung ngga sampai 1000 meter bisa silau ngliatnya, hahaha .. . Batangnya itu berwarna hijau atau merah bukan merah dan putih lo ya ..., batang bercabang dengan bentuk bulat ini mempunyai alur kasar memanjang dengan ujung lancip sedangkan tepinya bergerigi halus hampir rata. Bunga merah muda alias pink atau ungu tumbuh di ujung-ujung cabangnya dengan berbentuk bulir sepanjang 3-10 cm kurang lebih. Dalam satu bulir terdapat banyak buah. Buah berbiji banyak, kecil, hitam mengkilap. Perbanyakan tanaman ini menggunakan biji.

disentri, manfaat, kegunaan, khasiat, cara meracik

Di dalam Daun borocco mengandung flavonoid dan polifenol. Rasanya memang pait sih akan tetapi menyejukan di mulut. Manfaat dari daunnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri atau bahasa kasarnya cipirit dan juga bisa untuk mengatasi infeksi pada saluran kencing.

Agar tanaman Borocco dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit disentri atau juga sakit infeksi pada saluran kencing. Perhatikan berikut ini cara meraciknya:

Cara meracik Daun Borocco
Peracikannya sangat mudah dan sederhana cukup dengan merebus air 1 liter yang telah dimasukan 30-60 gram daun tanaman borocco. Tunggu rebusan tersebut sampai benar-benar mendidih. Diamkan dengan api kecil sampai air rebusan tersebut menyusut sampai hanya tersisa kurang lebihnya tinggal 1/3 gelas. Setelah itu angkat dan biarkan sampai agak dingin lalu disaring ambil airnya saja kemudian diminum secara rutin.

PERINGATAN!!! 
Mengkonsumsi olahan dari tanaman Borocco secara berlebih bisa menyebabkan keracunan, dengan gejala rasa kering pada tenggorokan. Namun rasa ini akan hilang jika penggunaannya dikurangi atau dihentikan.
Kontra indikasi untuk tekanan pada bola mata dapat meninggi

0 Response to "Tanaman Borocco Atau Bayam Ekor Kucing Untuk Obat Disentri"

Posting Komentar