Manfaat Daun Biduri Untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Biduri merupakan termasuk tanaman semak dengan tinggi 3 meter. Biduri banyak tumbuhnya di daerah-daerah padang rumput yang kering. Batangnya berbentuk bulat dan tebal, rantingnya yang masih muda berambut tebal dengan warna putih. daun dari tanaman ini adalah tunggal berwarna hijau muda. bentuk daunnya bulat seperti telur dengan ujung tumpul sedangkan pangkalnya berbentuk seperti jantung.





Kandungan pada Daun Biduri :
- saponin
- flavonoida
- polifenol
- tanin
- kalsium oksalat
manfaat, obat herbal

Manfaat Daun Biduri Beserta Cara Meraciknya :

A. Mengobati Kudis

Segenggam daun biduri segar dicuci dengan air bersih. lalu dilayukan dengan cara dipanggang diatas api kecil. terus ditumbuk dengan ditambahkan 1/4 sdt kapur sirih. setelah ditumbuk sampai menjadi bubur kental oleskan pada bagian yang terkena kudis.

B. Mengobati Sakit Perut

Layukan daun biduri diatas api lalu di bagian permukaannya olesi dengan minyak. gunakan ramuan tersebut untuk penutup perut.

C. Mengobati Sakit Telinga

Haluskan daun biduri dengan ditumbuk. setelah halus peras dan saring. gunakan perasannya untuk di teteskan pada telinga yang sakit 3 kali sehari sampai telinganya sudah tidak sakit lagi.

D. Mengobati Luka atau Borok

Daun biduri dikeringkan terus digiling sampai halus dan menjadi serbuk. pakailah serbuk daun biduri untuk mengobati luka atau borok dengan cara di taburkan pada bagian yang luka atau borokan.

E. Mengobati Batuk dan Sesak Nafas

Bakar Daun Biduri lalu hirup udara atau asap yang keluar dari hasil pembakaran daun biduri.

F. Mengobati Campak

Tumbuklah 1/4 genggam daun biduri, 1/4 genggam daun asam muda, dan 1/2 jari rimpang kunyit sampai halus. Masukan secangkir air masak dan 1 sdm madu, lalu aduk rata. saring dan minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

G. Mengobati Bisul

Haluskan daun biduri secukupnya lalu oleskan pada bisul agar cepat matang dan pecah.

F Mengobati Trakoma

Trakoma ditandai dengan mata silau saat terkena cahaya dan sering mengeluarkan air mata serta mata memerah dengan rasa gatal dan perih. untuk mengobatinya dengan merebus 3/4 genggam daun biduri dengan 3 gelas air putih hingga mendidih dan hanya tersisa 3/4 nya lalu angkat. setelah dingin baru disaring dan diminum sekaligus. minum rutin 3 kali sehari


PERINGATAN!!!
* Getah dari tumbuhan biduri itu beracun. karena getahnya terdapat pada semua bagian tumbuhan maka dosis yang berlebih dapat menimbulkan tanda-tanda keracunan.

1 Response to "Manfaat Daun Biduri Untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit"