Cara Menggunakan Daun Pisang Sebagai Obat Herbal Alami

Daun Pisang adalah daun dari tanaman pisang ( Musa Sp. ). Bentuknya melebar lanset memanjang dengan warna hijau. Tanaman pisang ini bisa tumbuh kapan saja karena tanaman ini merupakan bukan tanaman musiman. Pisang terdiri dari akar serabut, batang pohon, daun, buah, dan bunga. Semua bagian pada tanaman pisang dari batang, bunga, buah dan daunnya pun bisa di manfaatkan masing-masing sesuai kebutuhan. Dari batangnya, buahnya serta bunganya dapat di pakai untuk keperluan sehari-hari. Contoh kecilnya bunganya dapat di pakai untuk masakan sayur ontong khas jawa. Buahnya dapat di konsumsi langsung maupun di jus atau sebagai bahan dasar kolak dibuat menjadi keripik pisang dan masih banyak lagi.


manfaat daun pisang

Terlepas dari pemanfaatan tanaman pisang, daunnya yang biasa dipakai untuk pembungkus makanan itu pun tak luput dari khasiat yang berguna sebagai pengobatan alternatif alami. Daun pisang dengan kandungan polifenol dapat di pakai untuk meredakan gigitan serangga beracun, sengatan lebah, di pakai untuk mengatasi disentri, haid terlalu banyak, mimisan atau pendarahan lainnya, sebagai obat radang tenggorakan, keputihan, batuk dan bronkitis.

Berikut ini adalah cara menggunakan daun pisang sebaga obat herbal alami :

Demam
Baringkan penderita demam di atas daun pisang yang masih muda. Cara ini di pakai karena daun pisang berkhasiat menyejukan.

Demam Pada Anak
Sediakan 3-4 tangkai daun pisang ambon yang masih muda. Buat daun menjadi per lembar kemudian di panaskan di atas bara api hingga kelihatan seperti basah. Belah daun pisang sesuai dengan garis menjadi lembaran kecil dengan lebar 5 jari tangannya orang dewasa. Buat sebanyak mungkin minimal 5 lembar. Ambil 1 lembar untuk di tempelkan di wajah anak sambil tangan kiri menekan daun pisang secara perlahan-lahan. Penempelan dimulai dari wajah dan perlahan-lahan turun ke bawah. Jika saat anda menarik ke bawah rasanya lengket, itu tandanya daun pisang sedang bekerja. Biasanya, daun pisang ini bisa robek, apabila angin jahat berlebih pada tubuh. Ulangi sampai 4-5 lembar, namun dengan menggunakan daun pisang yang belum dipakai. Tiap lembar daun pisang hanya boleh di pakai untuk sekali pakai. Karena jika sudah di gunakan daun pisang biasanya warnanya berubah menjadi hitam pekat.

Ketombe, Eksim, Luka Kecil Pada Kulit, Dan Sengatan Matahari
Gunakan sari jus daun pisang atau juga bisa dengan merendam daun pisang dengan air dingin lalu oleskan pada kulit yang terkena sengatan matahari.

Melindungi Wajah Dari Noda
Dengan mengekstrak daun pisang menjadi serbuk untuk di masukan ke dalam kapsul dan di konsumsi secara teratur.

0 Response to "Cara Menggunakan Daun Pisang Sebagai Obat Herbal Alami "

Posting Komentar