Manfaat Obat Herbal Daun Sirih Dan Penggunaanya

Daun Sirih tentu sajalah nama daun ini sudah tidak asing buat orang-orang indonesia apalagi bagi kaum wanitanya. Sirih adalah tanaman yang  tumbuhnya merambat  tanaman ini dapat tumbuh dimana saja. Berdaun tunggal berbentuk hati, batang bulat dan beruas yang berwarna kehijauan. Akar yang keluar dari batang akan tumbuh bercabang dan akan menimbulkan daun daun yang baru. Pohon sirih sangat jarang diminati oleh kaum ibu untuk ditanam di halaman rumah karena tanaman ini tidak memiliki bunga yang indah seperti tanaman hias yang lain. Bunga dari daun sirih ini berbentuk lonjong yang memiliki daun pelindung. Daun ini mudah sekali di temui di pasar , ataupun di tempat pedagang ramuan obat.

Daun sirih bersifat mendinginkan, anti jamur, antioksidan dan anti kuman. Di dalam daun sirih mengandung minyak asiri, kavico, fenil, terpenana, diastase, gula apti, cineole, karvakarol, kavibetol, propane, tanin, dan seskuiterpen.

Di daerah jawa ataupun daerah lainnya biasanya kaum wanita yang sudah berusia lanjut menggunakan daun ini untuk nginang ( nyirih ) yang di makan terus di kunyah bersama dengan kapur dan gambir sebagai pengganti rokok. Nyirih ini dilakukan untuk mengisi waktu luang walaupun akan mengakibatkan gigi mereka berwarna coklat namun bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah gigi rusak.



Adapun beberapa  manfaat dan cara menggunakan antara lainnya :

Manfaat, Khasiat, Penggunaan
Sebagai Obat Untuk SakitTBC
15 helai daun sirih
10 gram bunga lili
5 butir angco
65 gram kaktus gepeng yang telah di kupas
20 gram jamur putih yang telah kering

Rebus semua yang telah di siapkan dalam keadaan  bersih atau sudah di cuci kedalam air lalu saring ambil airnya saja dan dapat di minum selagi masi hangat .

Sebagai Obat Saat Terserang Batuk
20 helai daun sirih
4 gelas air putih

Rebuslah daun sirih tersebut yang sudah bersih yang telah di cuci dengan air sebelumnya. Pastikan merebusnya hingga air tersisa ½ gelas diteruskan dengan meniriskan rebusan daun sirih.  Di minum airnya kalau berkenan agar rasanya menjadi manis boleh di tambah sedikit gula ataupun ditambah dengan madu sesuai  dengan selera.

Mengatasi Bau Badan
1 helai daun sirih
5 gram kapur sirih

Remaslah daun sirih bersama dengan kapur lalu oleskan pada ketiak agar bau badan di tubuh hilang. Ini dapat di lakukan pada malam hari saat menjelang tidur .

Untuk Menangani Saat Mimisan
1 helai daun sirih muda

Cuci hingga bersih daun sirih yang masi muda lalu gulung sesuaikan dengan lubang hidung dan masukan ke dalam hidung untuk menyumbat hidung yang sedang mimisan . tunggu hingga darah mimisan tersebut berhenti mengalir dari hidung

Mengharumkan Vagina
10 helai daun sirih
10 gram kayu manis
10 butir cengkeh

Rebuslah 10 helai daun sirih , 10 gram kayu manis , 10 butir cengkeh ke dalam 1 liter air tunggu hingga 10 menit sampai warna air berubah menjadi kecoklatan pastikan api yang digunakan untuk merebus dengan api yang sedang. Setelah proses perebusan sudah selesai tuanglah rebusan tersebut kedalam baskom atau wadah siapkan juga bangku untuk duduk diatas baskom yang telah berisi rebusan sirih lalukan penguapan segera . agar uap fokus pada vagina anda dapat menggunakan handuk untuk menutupi bagian pinggang ke bawah . lakukan penguapan 2 minggu sekali saja karena untuk menjaga keseimbangan pH pada vagina .

Mengobati Mata Merah Dan Gatal
Daun sirih 8 helai
1 ½ air bersih

Rebus daun sirih sampai mendidih setelah medidih tunggu hingga air daun sirih rebusan tadi dingin cuci mata yang merah dan gatal dengan air rebusan sirih lakukan sesering mungkin setiap hari sampai mata sembuh membaik .



0 Response to "Manfaat Obat Herbal Daun Sirih Dan Penggunaanya"

Posting Komentar