Cara meracik Daun Sirsak yang kaya manfaat dan khasiatnya menjadi obat herbal alami

Tanaman Sirsak Atau Annona muricata adalah tanaman yang mempunyai bentuk pohon dan bisa tumbuh menahun. Berbicara masalah tanaman sirsak ternyata selain buahnya yang enak dan nikmat di konsumsi secara langsung atau juga bisa di olah dalam berbagai makanan, dodol, sampai untuk isi dalam roti juga bisa untuk minuman jus dan bahan untuk membuat sirup. Buah sirsak itu sendiri kaya akan nutrisi dan vitamin . Tanaman sirsak tidak hanya bisa di manfaatkan buahnya saja ternyata daunnya pun sangat berguna untuk penyembuhan berbagai macam-macam penyakit dari penyakit-penyakit ringan sampai dengan penyakit yang sangat berat. Daun sirsak yang mempunyai bentuk jorong atau bulat telur dengan daging daunnya tebal dan kaku seperti kulit, berwarna hijau tua permukaan atasnya dan berwarna hijau muda permukaan bawahnya serta mempunyai tepi yang rata berujung tumpul . Daun sirsak bersifat asam maka dari itu jika kondisi lambung lemah sebaiknya jangan mengkonsumsi daun sirsak dalam bentuk ramuan tunggal, tapi jika ingin mengkonsumsinya harus dipadukan dengan tanaman-tanaman herbal yang dapat menjaga lambung dari keasaman yang dimiliki oleh daun sirsak.

manfaat, khasiat, obat herbal daun sirsak, racikan daun sirsak


Berbicara tentang khasiat serta manfaat daun sirsak dan zat apa aja yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak, nah untuk ini akan di jelaskan resep-resep dan cara peracikan daun sairsak sebagai obat herbal sesusai dengan penyakitnya. Untuk lebih jelasnya ikuti cara meracik daun sirsak untuk obat herbal berikut,

  1. Untuk penyakit Kanker caranya rebuslah kurang lebih 60 gram daun sirsak dengan air kurang lebih 1 liter, rebus sampai air tersisa hanya sekitar 400 mililiter, kemudian minum lah hasil rebusan tersebut 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari sebanyak 200 mililiter per sekali minum.
  2. Untuk sakit Hipertensi caranya rebuslah daun sirsak sebanyak 7-10 lembar  bersama dengan daun salam dan rambut jagung manis muda dalam 4 gelas air putih dengan di tambahkan sedikit garam kurang lebi seujung sendok kecil garam. Tunggu sampai mendidih dan air menjadi 2-3 gelas. Setelah itu tiriskan dan dinginkan kemudian disaring diambil airnya saja terus di tambah madu secukupnya lalu di minum 2 kali sehari dengan takaran minum 1 gelas per sekali minum.
  3. Untuk sakit Asam Urat caranya rebuslah daun sirsak yang tua tapi masih berwarna hijau yang sudah di iris-iris sebanyak 6-10 lembar di rebus dengan air putih sebanyak 2 gelas, Tunggu sampai air mendidih dan menjadi hanya 1 gelas. Tiriskan dan dinginkan lalu minum 2 kali dalam sehari pagi dan malam hari.
  4. Untuk Bisul caranya lumatkan 5-10 lembar daun sirsak muda lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.
  5. Untuk penyakit Eksim Dan RematikCaranya tumbuk daun sirsak sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan sehari 2 kali secara teratur.
  6. Untuk sakit pinggang caranya rebus 20 lembar daun sirsak bersama 5 gelas air hingga tersisa Cuma 3 gelas kemudian tiriskan minum airnya 1 kali sehari ¾ gelas sekali minum.
  7. Untuk penyakit Diabetes caranya rebuslah 15 lembar daun sirsak bersama 7 lembar daun sirih merah dalam 2 gelas air dengan api yang tidak terlalu besar. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa Cuma 1 gelas. Diamkan sebentar lalu saring dan minum airnya secara teratur 2 kali sehari. 

0 Response to "Cara meracik Daun Sirsak yang kaya manfaat dan khasiatnya menjadi obat herbal alami"

Posting Komentar