Cara Memanfaatkan Daun Mengkudu Untuk Masalah Kesehatan


Mengkudu adalah tanaman yang berbuah majemuk dan berdaun tunggal. Tanaman ini yang biasa disebut dengan bahasa latin Morinda citrifolia mempunyai bentuk pohon berbatang bongkok. Buah dari tanaman mengkudu mungkin saja banyak orang yang sudah tau akan kegunaannya. Buahnya yang lunak dan menimbulkan bau menyengat pada hidung kita ini saat sudah matang sering digunakan sebagai penyembuh sakit gondongan dengan dikalungkan di leher, atau juga bisa di jus untuk mengatasi  tekanan darah tinggi atau hipertensi. Itu baru khasiat buahnya, sedangkan daunnya yang memiliki bentuk jorong lanset dan tebal dengan warna hijau mengkilap ini siapa sangka ternyata kecipratan khasiat yang ga kalah mujarabnya untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit yang sering diderita manusia pada umumnya.

Daun mengkudu itu mempunyai sifat anti kanker juga anti tumor serta antioksidanpun tak luput. Kandungan anthrakinon pada daun mengkudu mempunyai fungsi sebagai anti mikroba dan dan anti jamur sedangkan kandungan lainnya yaitu proxeronin sebagai peremajaan sel atau meregenerasi sel sel yang telah rusak karena bersifat memacu kerja sel secara maksimal. Kedua zat tersebut sangat baik sebagai alternatif penyembuhan saat luka karena teriris atau juga saat terkena luka bakar. Lebih detail lagi kandungan zat yang ada pada mengkudu antara lain :
  • Catechin
  • Serat kasar
  • Protein
  • Zat kapur
  • Karoten
  • Asam askorbat
  • Asam amino utuh
  • Vitamin A

Setelah sedikit banyaknya sudah paham masalah kandungan yang ada pada daun mengkudu kini tinggal melengkapinya dengan memberi informasi tentang cara peracikan daun mengkudu menjadi obat herbal untuk pengobatan sesuai jenis penyakitnya.

meracik, khasiat, manfaat, kegunaan
Berikut ini lah cara meraciknya :

Racikan Pertama Untuk Mengatasi Sakit Perut
Bahannya cukup 3 daun mengkudu, garam, dan air panas. Caranya Tumbuk Daun sampai halus trus tambahkan garam secukupnya dan diseduh dengan air panas. Pisahkan antara ampas dan airnya karena Cuma airnya ajah yang diminum secara teratur sampai sakit perutnya sembuh.
Racikan Kedua Untuk Melangsikan Tubuh
Kumpulkan bahannya yaitu segenggam penuh daun mengkudu, segenggam daun kemuning jawa, ½ jari kelingking temu giring, dan ½ butir jeruk nipis. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus dilanjutkan proses berikutnya yaitu menambahkan air secukupnya dan di saring dan diperas menggunakan kain berserat halus. Peras sampai ampasnya kering dan kadarnya airnya telah habis. Lalu diminum airnya dengan ditambah madu untuk memperenak rasa dan memudahkan menenggaknya.
Racikan Ketiga Untuk Penderita Ambeyen
Bahannya Cuma 2 lembar daun mengkudu dengan cara direbus dengan 2 gelas air penuh. Tunggu matang baru bisa diminum selagi masih panas.
Racikan Keempat Untuk Encok Pegal Linu
Cuci bahannya yaitu 5 helai daun mengkudu, setelah dicuci diolesi dengan minyak kelapa lalu di panggang di atas api sampai layu untuk ditempelkan pada bagian yang terkena encok atau pegal linu.
Racikan Kelima Untuk Membrantas Jerawat Yang Membatu
Ambil pucuknya daun mengkudu untuk ditumbuk halus beri garam serta minyak zaitun lalu di aduk sampai rata. Keluarkan nanah putih pada jerawat dengan dipencet-pencet secara perlahan dan hati-hati. Setelah itu cuci muka dengan air hangat dan keringkan dengan handuk kering. Langkah selanjutnya tempelkan ramuan tadi pada jerawat yang sudah diambil nanahnya. Diamkan selama 10 menit agar ramuan dapat meresap dengan baik oleh kulit wajah baru boleh dibilas dengan air sampai bersih.


Semoga info ini dapat membantu agar lebih bermanfaat bagi sesama. 

0 Response to "Cara Memanfaatkan Daun Mengkudu Untuk Masalah Kesehatan"

Posting Komentar